BWlBduTUUim65BmNoRNRwZwviGLcUft1snoGQp4W

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

5 manfaat menjadi santri

Bismillahirrohmanirrohim
          Asalamualaikum sahabat sekalian, bagaimana mondoknya sudah krasan belum? hehe. Saya doakan semoga yang belum krasan di pesantren segera krasan dan kelak di berikan ilmu yang manfaat dan barokah serta selalu di beri perlindungan dan petunjuk menuju jalan yang di ridoi Allah swt amin. Baiklah sahabat sekalian pada kesempatan kali ini saya ingin mengupas tuntas apa saja manfaatnya menjadi seorang santri atau intilah kunonya menurut orang orang dulu itu mondok. 
Kita mungkin tidak asing lagi mendengar kata mondok, ya mondok atau bisa kita artikan belajar mengaji yang mana kita harus menetap tinggal di suatu tempat yang sering di sebut pondok pesantren, dalam kurun waktu yang tidak sebenta, minimal enam tahun atau lebih.Jadi di sana kita akan di ajari berbagai macam ilmu pengetahuan serta yang paling utama yaitu belajar tentang agama islam yang di ambil langsung dari sumber yang mudah di mengerti, yaitu lewat kitab kitab kuno kalangan ulama kharismatik pada masa lampau, para santri lebih sering menyebutnya kitab kuning, karena kitab kitab tersebut kertasnya berwarna kuning. Namun ada beberapa hal sebelum kita belajar mengenai isi daripada kitab kitab tersebut. Karena kitabnya berbahasa arab kita jadi harus belajar dulu tentang Nahwu Sorof (gramatika bahasa arab), NAhhh mengenai nahwu sorof sya bahas tuntas pada postingan yang lain, kali ini kita akan fokus sesuai dengan apa yang saya katakan di depan. Ini dia beberapa manfaat kita hidup di pesantren atau mondok.

1.Lebih Fokus Belajar Agama
                Manfaat yang pertama sudah jelas pasti tidak akan lepas dari ilmu agama pastinya, karena kita sedang di podok pesantren yang orientasinya menuju pengetahuan agama islam. Walapun mungkin sahabat sahat kita di luar sana sama sama belajra ilmu agama tapi, mereka tidak bisa fokus dengan apa yang mereka pelajari karena setelah mereka selesai belajar di sebuah TPQ  mereka akan di hadapkan dengan berbagai macam kesenangan dunia, apalagi zaman sekarang yang sudah terbilang zaman milenial di mana anak anak kecil sudah di kenalkan dengan teknologi yang super canggih. Mereka akan sibuk dengan smartphona masing masing setelah selesai belajar agama.Berbeda dengan kita yang di pesantren kita akan lebih fokus belajar karena tidak ada kesempatan bagi santri untuk bermain dengan teknologinya karena memang tidak di izinkan, belum lagi segudang hafalan yang harus kita setorkan setiap harinya kepada pengurus sehingga sedikit sekali kesempatan bagi santri untuk memikirkan kesenangan duniawi.
2.Belajar Ilmu Umum
                Walapun kita belajar di pondok pesantren tetap kita akan di ajarkan berbagai macam ilmu pengetahuan umum. Baik Matamatika, Bahasa indonesia ,Kimia,Fisika dan lan sebagainya. Karena tidak di pungkiri pesantren di zaman Now pasti kebanyakan ada sebuah lembaga formal di dalamnya. Jadi tidak usah khawatir kita akan ketingalan pengetahuan, kalah dari teman teman yang mereka hanya sekolah di sekolahan formal. Justru malah kita lebih unggul di bandingkan dengan mereka, kita dapat dua sekaligus pegetahuan umum dan pengetahuan Agama.
3.Hidup sederhana
                Sederhana bukan berarti miskin, mungkin kalian sering mendengar kata kata tersebut, yang mana seorang yang hidupnya sederhana, tidak selamanya miskin ya kurang lebih seperti itu maksudnya. Tapi bagi santri sekaya apapun orang tua mereka Insa allah kalau sudah masuk ke pesantren mereka akan hidup sederhana. Mengapa demikian? Karena mereka ketika masuk di pesantren secara otomatis akan terbawa dengan saudaranya yang sudah lebih dulu masuk ke pondok dan  juga kesederhanaan termasuk salah satu dari panca jiwa pondok. Sedikit lah dari santri santri baru yang mera baru pertama masuk di pesantren karena uang saku masih banyak baju, sarung, peci masih baru, dalam berpakaiansedikit lebih mewah namun setelah mereka beberapa bulan di pesantren dengan sendirinya akan berubah dalam berpenampilan .
4.solidaritas Tinggi
                Menjalani hidup di pesantren penuh dengan suka maupun duka,  harus terpaku dengan segudang kegiatan dari pagi samapai pagi lagi, yang menjadikan para santri super bosan dan jenuh. Namun tak sedikit mereka walapun harus malksanakan seluruh tapi suasana tetap senang tentram, karena sebenarnya kita tidak sendirian di pesantren banyak teman teman kita yang mersakan hal yang sama. Belajar bersama, makan bersama, bahkan kadang mandi pun bersama yang dengan hal itu mereka ketika salah satu ada yang mendapat masalah teman teman akan memberi motivasi dorongan. Senang bersama susah bersama lapar juga bersama
5.Multy talentaa
                Santri itu kreatif penuh dengan sejuta penemuan, dengan keterbatasan mereka, sehingga mereka akan berpikir dua kali bagaimana supaya keinginan mereka dapat tercapai dengan keterbatasan yang ada. Itulah sebabnya muncullah berbagai macam ide ide baru dari kalangan para santri yang terkadang para asatid pun tidak dapat memahami, kok bisa merek sekreatif itu. Untuk contohnya pembaca bisa tau sendiri kalau sudah pernah menjadi santri, bagi yang belum segeralah masuk ke podok biar bisa mersakan apa yang kami rasakan.

Ok demikian tadi sedikit yang bisa penulis sampaikan mungkin tidak seindah dan semudah di mengerti oleh para pembaca sekalian, semoga bermanfaat sukron.

Related Posts
Lebih baru Terlama

Related Posts

1 komentar

"Terima kasih sudah berkunjung di blog kami, Silahkan berkomentar yang sopan dan membangun semoga bermanfaat"